6 Cara Mengelola Keuangan Dengan Mudah, Simak Langkahnya

Jika kita sebelumnya memiliki kebiasaan menggunakan uang untuk sekedar membeli sesuatu yang di inginkan bukan sesuatu yang menjadi kebutuhan utama. Lebih baik hal tersebut segera kita rubah, lebih tepatnya mengindari gaya hidup yang konsumtif. Namun jika keuangan anda sedang kurang baik, tidak perlu memaksakan diri dengan memberikan pinjaman.

Bergaya hidup cukup nan mumpuni, tak serta-merta harus terlihat selalu mewah. Pasangan harus mempunyai itikad yang baik guna mengatur keuangan keluarga, terutama para wanita yang memang ditugasi sebagai ‘bos’ keuangan keluarga. Dengan komunikasi yang baik disertai perencanaan yang matang, niscaya keuangan keluarga tak akan berantakan. Bukan karena gaji 2 juta tidak akan mencukupi rumah tangga Anda, melainkan penghasilan tambahan itu bisa dipergunakan untuk tabungan masa depan atau investasi. Selain menyusun anggaran bulanan, jangan lupa untuk Anda mengalokasikan dana untuk kebutuhan darurat. Sesuai namanya dana ini hanya boleh digunakan untuk hal darurat seperti anak mendadak sakit, fasilitas rumah tangga ada yang rusak, dan hal tidak terduga lainnya.

Rata-rata mereka berpikir bahwa uang yang diperoleh hanya untuk memenuhi kebutuhan sekarang. Di mana Anda akan menjadi tua dan sudah tidak produktif lagi bekerja. Anda dapat menyisihkan 10% dari gaji bulanan untuk setoran dana pensiun.

Mengatur keuangan

Terdengar sulit, padahal cara ini dapat menghemat pengeluaran Anda dengan jumlah menakjubkan lho. Sesekali boleh untuk jajan atau makan di restoran, tetapi jangan keseringan. Tanpa disadari, harga makanan di luar sudah mahal dibandingkan memasak sendiri di rumah.

Tabungan diperuntukan untuk kebutuhan di masa depan yang tidak bisa diprediksikan. Salatu tips dan cara mengatur keuangan yang baik adalah dengan memanfaatkan diskon dengan sebaik mungkin. Banyak market dan online retailer yang rutin memberikan diskon untuk setiap barang. Hal tersebut bisa Sedulur manfaatkan dengan baik agar bisa menghemat pengeluaran Sedulur.

Namun rasa senang usai menerima gaji terkadang membuat seseorang menjadi lupa diri. Berkedok ‘self reward’ , tak jarang karyawan menghambur-hamburkan uang gaji bulanan sehingga uang gaji melayang tak lama setelah diterima. Atau kasus serupa yang juga banyak terjadi adalah, gaji habis dalam waktu yang singkat untuk membayar berbagai cicilan atau kebutuhan ini itu. Jika kamu masih memiliki kewajiban dalam nilai besar, seperti cicilan KPR, dan cicilan kendaraan, usahakan 10% dari penghasilan kamu dialokasikan untuk tabungan, investasi, danasuransi. Namun jika kamu tidak lagi memiliki utang dalam nilai besar, maka porsi dari penghasilan yang bisa dialokasikan untuk ketiga pos ini seharusnya lebih besar.

Tujuan dari kebijakan itu sangat jelas, yakni untuk mencegah penyebaran virus corona yang makin tinggi. Meski begitu, langkah tersebut juga punya dampak yang signifikan terhadap perekonomian. Untuk mengantisipasi keperluan mendesak dan darurat, anda juga perlu menyiapkan dana cadangan. Karena sifatnya cadangan, maka jumlahnya bebas dan tidak ditentukan. Itulah 2 formulation umum yang ampuh untuk mengatur uang bulanan yang anda miliki.