Bagaimana Memimpin Perubahan Dengan Pintar

Bekerja secara virtual mungkin belum menjadi budaya masyarakat Indonesia secara umum. Manajer harus memberikan waktu bagi timnya menemukan ritme kerjanya. Di awal-awal, tim pasti mengalami ketidaknyamanan karena ketidakbiasaan bekerja secara digital.

Mungkin Anda akan disukai oleh para karyawan Anda, tetapi disukai saja tidak cukup untuk membuat mereka menuruti arahan Anda sebagai pemimpin. Kegiatan seni, sosial, dan budaya yang dapat menimbulkan keramaian dan kerumunan, di zona Merah ditutup sementara sampai dinyatakan aman; . Untuk zona lainnya, diizinkan dibuka paling banyak 25 persen dari kapasitas. Selain itu juga sesuai pengaturan dari pemda, dan dengan penerapan protokol kesehatan lebih ketat. Untuk kegiatan ibadah di masjid, musala, gereja, pura, dan tempat ibadah lainnya di zona Merah, diberlakukan peniadaan sementara, sampai dinyatakan aman, sesuai dengan Surat Edaran Menteri Agama . Adapun untuk zona lainnya, sesuai pengaturan dari Kementerian Agama, dengan penerapan protokol kesehatan lebih ketat.

Belajar untuk memimpin

Begitu juga sebaliknya, jika memberikan pujian yang berlebihan terhadap generasi millennial, generasi 80an yang merasa lebih tua dari mereka mengira bahwa dirinya sudah tidak layak untuk menjadi bagian dari tim. Oleh sebab itu diperlukan pendekatan khusus dan berbeda untuk memimpin dan memberdayakan anggota tim di period millenial ini, terdapat 4 cara Kepemimpinan yang relevan untuk para millennial ini. Wali kota, bupati, gubernur, dan presiden hari ini dipilih langsung oleh rakyat. Artinya secara emosional, terjadi hubungan tanggung jawab yang langsung dan hubungan batin yang kuat. Dahulu masyarakat butuh pemimpin dengan imaji panglima perang nan gagah memimpin di depan.

Memahami diri sendiri merupakan hal yang penting untuk seorang pemimpin sebagai penentu keberhasilan suatu pimpinan. Untuk itu setiap pemimpin harus memahami apa saja yang dimiliki oleh dirinya baik kelebihan maupun kekurangannya sendiri. Setiap kelebihan yang dimilikinya mampu memberikan kemajuan didalam setiap perusahaan dan kekurangan yang dimilikinya menjadi bahan intropeksi untuk kedepannya sehingga seorang pemimpin dapat terus memperbaiki sikap dan perilakunya. Menyimak berbagai tanggung jawab dan fungsi seorang pemimpin akan terasa sulit jika seseorang tidak terlatih untuk memimpin.

Ini baru latihan berpasangan dalam memimpin pertemuan dan kedepannya akan dilatih memfasilitasi sendirian dipertemuan. Buku ini ditulis dengan harapan agar pembaca dapat menyadari bahwa memimpin itu memiliki tantangan yang tidak mudah dan untuk memimpin tidak bisa dengan modal minat dan kemauan saja. Akan tetapi siapa saja dan dari latar belakang apapun berhak untuk jadi pemimpin.

Tak di sangka, orang tua saya ternyata sedang mencari bakat dan minat saya, agar potensi itu segera bisa dikembangkan sejak dini. Melihat saya suka membaca, saya dibelikan majalah “Anak Sholeh” dan “BOBO” yang sedang tren di era itu. Ayah sering memancing saya dengan satu kalimat, kemudian saya harus menyambung cerita dari kalimat itu terus hingga tamat. Nah kalau sudah selesai, saya akan bacakan di depan bunda ketika bunda sudah pulang kerja. Tidak mudah membuat bunda mendengar cerita saya, beliau memberi syarat akan mendengar jika saya mau makan sayur dan ikan .