Berita Dan Informasi Suggestions Mengatur Keuangan Terkini Dan Terbaru Hari Ini

Agar Sedulur tidak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk biaya web. Tentukan berapa biaya yang diperlukan untuk internet tiap bulannya, dan hemat menggunakannya sebisa mungkin. Mengutip Money Crashers, berikut ini four langkah mudah tentang cara menggunakan kakeibo untuk mengatur keuangan keluarga. Sebagai bentuk perencanaan keuangan yang sehat, penting untuk selalu mencatat pengeluaran dan pemasukan. Untuk lebih ketat mengawasi pengeluaran keuangan, diusahakan setiap pembelanjaan menggunakan uang tunai atau kartu debit, paling tidak untuk sementara waktu.

Padahal, memiliki simpanan uang darurat dapat membuat Anda tenang, sekaligus terbebas dari risiko harus meminjam dana yang bisa jadi dalam jumlah besar. Jika menemui kondisi darurat dan tidak punya simpanan uang yang memadai, meminjam dana dari pihak lain akan jadi satu-satunya solusi. Supaya keuangan kamu nggak berantakan, sebaiknya buka rekening tabungan dengan fungsi yang berbeda. Satu rekening khusus untuk belanja, sementara rekening lainnya khusus untuk tabungan. Tidak jarang dalam berkeluarga muncul rencana untuk melakukan investasi.

Mengatur keuangan

Ni Putu merekomendasikan investor moderat maupun agresif untuk mengamankan tunjangan hari raya dengan memperbesar komposisi aset berisiko rendah. Pilihannya bisa di reksadana pasar uang dan reksadana pendapatan tetap. “Kalau perlu, bisa lebih frontal dengan menghilangkan pos-pos yang biasa kita gunakan untuk memanjakan diri, seperti pos belanja pakaian, hingga pos jalan-jalan ke mal,” kata dia. Kedua, tradisi berbelanja jelang Lebaran tidak banyak berubah di tengah situasi pandemi tahun ini. Bukan sekedar belanja pakaian, kue-kue ringan juga masuk daftar berbelanja di hari raya.

Memiliki rencana keuangan akan membantu kamu memenuhi kebutuhan jangka pendek dan jangka panjang sesuai dengan penghasilan dan kemampuan yang dimiliki. Dalam satu bulan, pastinya ada pemasukan yang hinggap di ‘dompet’ keluarga, hal tersebutlah yang harus anda kelola. Pemasukan bisa di dapat dari gaji bulanan, hasil pekerjaan sampingan ataupun hasil dari investasi. Setelah itu, prioritaskan dana simpanan untuk target jangka pendek, menengah dan jangka panjang yang telah anda susun sebelumnya.

Bagaimanapun cara mengatur keuangan yang Anda lakukan, jangan lupa untuk menyiapkan dana darurat. Dana darurat adalah sejumlah uang yang Anda sisihkan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga terjadi dalam hidup, misalnya kecelakaan, mobil rusak, PHK mendadak, dan lain-lain. Dana darurat bagi kamu yang belum menikah minimal enam kali dari pengeluaran bulanan. Jika kamu sudah menikah namun belum memiliki anak, dana darurat yang kamu butuhkan minimal sembilan kali dari pengeluaran bulanan. Apabila kamu telah memiliki anak, minimal kamu memliki dana darurat sebanyak dua belas kali dari pengeluaran bulanan.

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman. Misalnya saja ajak anak Anda untuk mengumpulkan uang receh sisa-sisa dari uang jajannya. Sehingga cara ini bisa menjadi kebiasaan baik bagi Anak untuk bisa menabung dan menghemat sejak dini. Untuk itu, diperlukan tenaga dan pikiran yang lebih kreatif untuk mencari tambahan penghasilan.

Hal tersebut merupakan perilaku keuangan tidak sehat dan perlu introspeksi. Mereka yang senang membeli gadget baru belum tentu memiliki keuangan yang lebih sehat daripada kalian. Fokus pada keuangan diri sendiri dan pada hal lain yang lebih penting untuk dibeli. Belajar menahan diri sekarang untuk kesuksesan finansial di masa depan. Walaupun pengelolaan keuangan itu penting, jangan sampai kalian terjebak hanya melakukan kegiatan yang rutin dan penting saja.