Bijak Mengelola Keuangan Siap Hadapi Tantangan Ekonomi Di Masa Pandemi

Mencatat pemasukan dan juga pengeluaran bertujuan untuk melihat situasi keuangan Anda dalam satu bulan. Tak bisa dipungkiri, pengeluaran keluarga akan membengkak jika tidak disiasati dengan baik. Oleh karena itu, berbelanja saat sedang ada program diskon besar-besaran atau cuci gudang dapat menjadi kunci hemat berikutnya. Hal ini akan menguntungkan jika cermat memilih barang yang ada dan menghindari barang yang harganya melambung tinggi. Namun, perlu diingat bahwa biasanya barang yang dijual lebih murah memiliki tanggal kedaluwarsa lebih pendek. Jangan sampai sudah terlanjur membeli banyak tetapi harus cepat terbuang karena tidak layak konsumsi.

Sisihkan 3-6 bulan dana darurat untuk pengeluaran, kalau tiap bulan three juta, ya minimal Anda harus memiliki dana Rp 9 juta sampai dengan Rp 18 juta,” kata Budi. Nah, supaya kondisi keuangan tetap sehat saat Ramadan dan pandemi seperti ini, simak ideas mengatur keuangan yang dikutip dari Kompas.com. Salah satu cara mengatur keuangan bagi anak kuliah adalah dengan disiplin menabung. Uang tabungan tersebut akan berguna di masa depan, seperti membeli printer agar tidak membuang uang untuk print tugas-tugas kuliah maupun skripsi. Pada saat inilah kamu dituntut untuk bertanggung jawab atas diri sendiri, mulai dari mengatur waktu hingga mengelola finansial.

Tidak pernah ada kata terlambat untuk mencari tahu cara mengatur keuangan pribadi bulanan. Anda harus bisa menjaga pemasukan dan pengeluaran agar tetap seimbang. Namun, karena tuntutan gaya hidup, seringkali pengeluaran menjadi lebih besar dari pada pemasukan. Jika tidak diatasi segera, kondisi tersebut dapat mempengaruhi kesehatan keuangan dalam jangka panjang. Setelah jelas mengenai pembagian goal, maka yang lebih detil dalam mengatur keuangan keluarga sekarang adalah merinci pemasukan dan pengeluaran dalam keluarga.

Padahal daripada digunakan untuk hal yang tidak penting lebih baik dana dialokasikannya ke investasi. Saat ini investasi sudah bisa didapatkan dengan sangat mudah dan juga sangat murah untuk memulainya. Selain mencatat pengeluaran, kamu pun harus membuat anggaran ketika ingin berbelanja. Pastikan apa saja kebutuhanmu dan catat harganya supaya kamu bisa merencanakan anggaran belanja.

tirto.id – Bagi banyak anak muda, masa kuliah merupakan pengalaman manajemen uang pertama mereka. Namun, banyak dari anak muda belum cakap mengatur keuangannya sendiri. Asuransi dengan fitur investasi sejatinya berguna untuk membuat nasabah tidak lagi bingung dalam hal investasi. Namun dengan iuran bulanan yang dibagi dua antara proteksi dan investasi, besar kemungkinan proteksi maupun investasi jadi kurang maksimal. Menurut Zohlen, penting bagi kita untuk menjaga keseimbangan di dunia kerja dan menetapkan batasan agar tidak kelelahan.

Angka tersebut cukup perfect mengingat salah satu pengeluaran terbesar adalah kebutuhan sehari-hari. Keuangan keluarga dikatakan sehat apabila masih ada dana untuk kebutuhan sehari-hari serta masih sempat menabung. Namuncara mengelola keuanganyang tepat akan membantu kamu ntuk menata hidup lebih baik. Mengatur keuangan sejak dini akan membantu kamu menyiapkan segala sesuatunya di masa depan. Selain itu kamu juga bisa memastikan kehidupan kamu dapat berjalan dengan baik untuk dirimu, bahkan tidak hanya kamu sendiri tetapi juga orang terdekat kamu.

Langkah kedua yang harus Anda lakukan adalah membuat alokasi anggaran bulananan. Alokasikan pendapatan Anda untuk kebutuhan sehari-hari sebanyak 40% saja, sekitar 30% saja untuk membayar cicilan hutang, untuk tabungan atau investasi di masa depan sekitar 20% saja. Yang lain-lainnya bisa disesuaikan kembali dengan kebutuhan dan pengeluaran Anda. Mari belajar berhemat dan mengelola keuangan dengan cermat agar kondisi finansial keluarga Anda selalu stabil.

AKURAT.CO Mengatur keuangan rumah tangga nyatanya bukanlah suatu hal yang mudah. Maka enggak bisa dipungkiri kemampuan mengelola kebutuhan rumah tangga diperlukan, agar penghasilan yang diperoleh cukup untuk memenuhi kebutuhan selama 1 bulan. Jika tiba-tiba ada kebutuhan yang mendadak, kamu pasti butuh dana ekstra bukan? Nah, tahukah kamu dalam dunia perencanaan keuangan ada istilah dana darurat? Organisir hutang kamu, baik hutang langsung maupun tagihan kartu kredit, berurut dari yang berbunga kisaran tinggi hingga rendah. Pendapatan sebesar apapun tidak akan pernah cukup memenuhi kebutuhan jika kita tidak tahu cara mengatur keuangan dengan baik.

Jika anak masih terlalu kecil untuk memahami kondisi keuangan yang harus dihadapi, mulai ajarkan anak untuk menabung jika memiliki keinginan memiliki sesuatu. Jika usia anak telah dirasa cukup untuk memahami kondisi orangtuanya, ajaklah mereka bicara dari hati ke hati, terutama dalam masalah keuangan keluarga. Dalam kondisi ini, mau tidak mau Mama harus mengambil alih tanggung jawab membesarkan dan membiayai kehidupan anak-anak dan keluarga sekaligus melakukan urusan rumah tangga secara bersamaan. Selain hutang pada lembaga, kamu yang juga memiliki hutang di teman harus segera dibayarkan. Memang tidak akan menjadikan kamu membayar bunga, tetapi tetap akan mengganggu keuangan kamu. Sehingga pastikan kamu membayar tanggungan penting kamu agar keuangan kamu tetap stabil.

Mengatur keuangan

Hal pertama yang harus dilakukan dalam mengatur keuangan adalah mendapatkan kendali atas finansial. Hal itu berarti Anda harus membuat rencana keuangan, termasuk mencatat pengeluaran. Cara terbaik menabung adalah menjadikannya sebagai kebiasaan dan rutinitas. Setiap terima duit gaji, yang pertama harus kamu lakukan adalah menyisihkan uang untuk tabungan sebelum membelanjakan untuk hal lain. Biasakan diri memiliki catatan dalam rangka pengeluaran rutin setiap bulan dan tahun. Hal ini dilakukan agar Anda terhindar dari kebingungan harus mengalokasikan uang ke mana saja ke depannya.